Sobat Bumi Indonesia kembali mengadakan “Sobi Building” guna meningkatkan keterampilan para anggota. Acara ini berlangsung pada Jum’at (31/5) melalui Zoom Meeting.
Dihadiri oleh 22 pejuang SOBI, adapun narasumber yang diundang sangat relevan dan dibutuhkan oleh generasi media sosial. Ia adalah Spesialis Komunikasi Korporat, Sri Hadriana. Sri sendiri kini mengelola berbagai internal dan proyek komunikasi eksternal di PT Vale Indonesia Tbk
Ketua pelaksana acara, Muhammad Hilmy Farid, membuka acara dengan menyebutkan keprihatinannya. Menurut Hilmy, konten negatif lebih marak beredar di media sosial dibandingkan dengan konten edukatif.
“Berikan edukasi, inspirasi, atau hiburan yang bermanfaat. Konten yang bernilai akan dihargai dan diingat,” ujarnya.
Hilmy juga berharap kegiatan ini memberikan manfaat signifikan bagi Pengurus Pusat SOBI 2022-2024. “Dunia digital selalu berkembang. Teruslah belajar tren baru, asah kemampuan, dan tingkatkan kualitas kontenmu. Adaptasi adalah kunci untuk bertahan,” tambahnya.
Lebih lanjut, Sri selaku pembicara menjelaskan kiat mendapatkan perhatian di sosial media. Ia menyebut, pentingnya mengetahui apa yang disukai oleh pemuda dan pemudi sebagai langkah pertama.
“Mendapatkan perhatian di sosial media sama seperti mencintai pasangan. Seperti memahami kesukaan pasangan, melakukan obrolan yang seru, dan menjadi diri sendiri. Begitu juga dengan sosial media,” ujar Sri.
Sri kemudian merumuskan empat langkah berikutnya. Di antaranya berinteraksi dengan audiens, konsistensi mengunggah konten, menunjukkan kepribadian dan nilai-nilai dalam konten, serta mengunggah konten pada waktu di mana audiens paling aktif.
Pembahasan dilanjutkan terkait tips pembuatan konten agar selalu ‘For You Page’ (FYP). “Jangan asal posting, perhatikan detail dan berikan nilai bagi audiens,” tegas Sri.
Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif dan diakhiri dengan foto bersama narasumber, Sri Hadriana.
Muhammad Hilmy Farid