Sobat Bumi Indonesia

Dorong Bisnis Berkelanjutan, SOBI Ulas Strategi Pemasaran

Menyadari pentingnya strategi pemasaran bagi bisnis berkelanjutan, Departemen Kewirausahaan Sobat Bumi Indonesia mengadakan webinar “Business Growth 101: Essential Strategies for Long-term Success”. Berlangsung melalui Zoom, kegiatan ini menghadirkan Founder Cassaplast Bioplastic, Cacam Samsiah Imron, Sabtu (15/06).

Sebagai sosok yang telah belasan tahun berkecimpung di dunia green business, Cacam membagikan strategi dan tips yang komprehensif dalam memaksimalkan pemasaran produk bertajuk “Strategi Pemasaran Produk Ramah Lingkungan: Mempromosikan Nilai Keberlanjutan”. Praktik berkelanjutan seperti penggunaan alternatif bahan ramah lingkungan serta pengurangan emisi karbon sendiri dimaksudkan untuk meminimalkan dampak lingkungan dari produk yang dihasilkan sembari tetap menjaga profitabilitas perusahaan.

Cacam menjelaskan bahwa strategi krusial yang perlu dilakukan di awal adalah soft selling, yaitu memasarkan produk dengan terlebih dahulu memberikan edukasi dan informasi mengenai problem lingkungan yang terkait dengan produk.

“Selanjutnya, penting untuk membuat personal branding produk secara sederhana, jelas, dan mudah dipahami oleh masyarakat awam guna mengubah mindset mereka terhadap produk green business yang selama ini kerap dianggap mahal dan eksklusif,” ujar Cacam

Cacam juga menekankan pentingnya transparansi bisnis, yaitu keselarasan antara branding dengan realitas pada proses produksi. Hal ini termasuk sertifikasi ramah lingkungan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

“Di era digital ini, kita perlu juga memanfaatkan platform media sosial untuk mengenalkan produk dengan jangkauan audiens yang lebih luas. Serta, melakukan monitoring dan reporting secara berkala untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran yang telah diterapkan serta melakukan pengembangan produk berdasarkan feedback dari konsumen,” jelas Cacam menutup perbincangan.

Muwaffiq Rosyadi

 

Leave a Comment